Cara Menjadi Manager Yang Baik

Manager pasti ada di setiap perusahaan manapun. Karena, mereka memang memiliki peran yang cukup penting dimana mereka bisa berinteraksi langsung dengan karyawan dan juga Bos.

Mereka juga menjadi seorang fasilitatir di lingkungan kerjanya yang menyesuaikan berbagai hal untuk memberika efek terbaik kepada perusahaannya.

Untuk menjadi seorang manager yang baik, kalian harus bisa memimpin dengan kepala dingin dan memberikan contoh yang baik untuk mereka.

Ini bukanlah pekerjaan yang mudah dan cenderung sulit karena kalian di satu sisi harus bekerja demi ego dan ekspektasi.

Namun, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatur semua hal itu mulai dari tanggung jawab hingga apa yang harus kalian lakukan.

Nah, untuk kalian yang mungkin ingin mencoba peruntungan di tingkatan manager, atau kalian yang sebentar lagi akan naik pangkat, yuk perhatikan hal ini.

1.Delegasikan Dengan Bijak dan Tentukan Tujuan Kalian

Sukses memimpin dan menjadi seorang manajer yang baik tentu harus bisa mendelegasikan dan belajar secara efektif dalam bertanggung jawab serta menyelesaikan tugas ataupun otoritas yang diperlukan.

Kebanyakan manajer merasa mereka hanya perlu mengotrol hal-hal kecil saja yang dilakukan oleh karyawannya.

Padahal, hal ini harusnya dihindari. Sebagai manager yang baik sebaiknya saat kalian mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan, kalian merasa terbantu sehingga mereka merasa lebih percaya pada diri mereka sendiri.

Selain itu, kalian juga harus membuat sebuah tujuan. Jika karyawan kalian memiliki tujuan sendiri, tuntun dan arahkan karyawan kalian kepada tujuan tersebut.

Namun, jika tidak, tuntunlah mereka untuk bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan kalian. Buatlah tujuan itu spesifik dan pantau karyawan kalian dalam perkembangan mereka mencapai target.

2.Komunikasi Yang Baik dan Luangkan Waktu

Banyak manajer yang tidak memperhatikan hal ini. Padahal, komunikasi merupakan salah satu cara untuk menjadi manajer yang baik.

Komunikasi disini berarti kalian saling bertukar informasi dengan karyawan kalian. Bicaralah dengan mereka dan dengarkan saran dari mereka.

Dengan begini, hubungan kalian dengan bawahan juga bisa menjadi lebih baik sehingga pekerjaan menjadi lebih lancar.

Selain itu, kalian juga sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk tim atau karyawan kalian. Bukan hanya untuk menunjukkan sisi kepemimpinan kalian saja.

Namun, dengan adanya diskusi tim dan waktu yang lebih banyak yang diberikan kepada tim kalian, kalian bisa mendapatkan berbagai ide serta solusi masalah dari pekerjaan kalian itu.

Fokuslah pada karyawan kalian dan kesampingkan sejenak pekerjaan kalian untuk berbicara dengan mereka.

3.Berikan Apresiasi dan Motivasi

Setiap karyawan pasti melakukan segala cara untuk melakukan yang terbaik di dalam pekerjaannya. Dan jika hal ini sudah terjadi, mereka pasti ingin bos atau manajernya tahu akan hal ini.

Sayangnya, kebanyakan dari atasan mereka cenderung tidak peduli dan hanya menginginkan hasil yang bagus saja tanpa mau tahu siapa yang berkorban di dalamnya.

Jika kalian mau menjadi seorang manajer yang baik, berikan mereka sedikit apresiasi sehingga semangat mereka lebih meningkat.

Namun, jika mereka sedang merasa lelah atau tidak bersemangat, tanyakan perlahan-lahan kepada mereka bagaimana pekerjaan mereka. Dorong mereka untuk jujur.

Lalu, ambillah tindakan yang bijak. Tawarkan bonus yang mungkin membuat mereka senang. Misalnya berikan waktu untuk berkumpul dengan keluarganya jika mereka merantau, atau berikan mereka waktu untuk pergi ke gym jika mereka suka olahraga.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa kalian lakukan untuk menjadi seorang manajer yang baik. Semoga bermanfaat.  

Related Post